Unit Pendidikan

Jenjang Pendidikan

Pada perkembangannya selain menyelenggarakan Pendidikan Pesantren dengan kajian utama kitab kuning. Darul Hidayah juga menyelenggarakan pendidikan umum. Adapaun lembaga pendidikan yang ada di bawah naungan Darul Hidayah (Yayasan Pengembangan Pendidikan Pesantren Darul Hidayah) adalah sebagai berikut:
1. TAMAN KANAK-KANAK

PENDAHULUAN
Anak adalah amanah dari Allah yang harus dirawat dan dijaga serta dibina agar segala potensi fitrah yang dibawanya dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, orang tua dituntut untuk serius memperhatikan pendidikan anak-anaknya pada setiap tahap perkembangan usia mereka. Pendidikan mereka harus ditujukan untuk membentuk pribadi yang memegang teguh Agama Islam di atas Al Qur’an dan As Sunnah serta memiliki berbagai keterampilan hidup untuk bekal mereka.

Atas dasar itulah Taman Kanak-kanak AI-Fitroh didirikan oleh Yayasan Pengembangan Pembangunan Pendidikan Pesantren Darul Hidayah (YP4DH), pada tahun 1975 merupakan Taman Kanak-kanak swasta yang bersubsidi yang khas bercirikan keislaman dengan pembinaan yang didasarkan kepada pendekatan islami tanpa mengurangi bobot pengetahuan umum lainnya.

FASILITAS
Taman Kanak-kanak AI-Fitroh memiliki fasilitas penunjang kegiatan belajar sambil bermain sebagai berikut :
1.Ruang belajar yang cukup memadai
2.Sarana bermain siswa cukup memadai dengan tenaga pembina yang telah berpengalaman dalam mengajar.

KURiKULUM
Kurikufum yang digunakan adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK 2004), dengan pola pembelajaran yang berpusat pada kompetensi anak dan kurikulum lokal yang diolah berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan anak didik.

A. Program pengembangan Pembentukan Perilaku yang terdiri dari :
Moral dan nilai-nilai keislaman
Sosial emosional dan kemandirian dasar
Displin
Kemampuan berkepemimpinan

B. Program Pengembangan kemampuan dasar terdiri dari :
Kemampuan berbahasa
Koanitif (Matematika & Sains)
Fisik/ Motorik
sensorik

PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM)

Menciptakan metode pembelajaran yang atraktif dan sesuai untuk anak.
Mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak
Pengenalan metode membaca secara audio visual yang menyenangkan.
Penegnalan dasar-dasar bahasa inggris dan bahsa arab
Pelestarian bahasa ibu (bahasa sunda)
Pengejaran iqra disertai hafalan al qur’an dan do’a sehari-hari
Pengembangan seni melalui kegiatan tari, menyanyi, angklung dan mewarnai.

2. MADRASAH IBTIDAIYAH

Pendidikan adalah tahap yang sangat penting dalam rangkaian pembelajaran seorang anak. Pengalaman persekolahan dan pembelajaran yang berkesan, bermakna dan menggembirakan dapat membekali mereka dengan kecakapan, keyakinan diri dan sikap yang positif untuk memasuki tahap pendidikan dasar dalam rangkaian pendidikan sepanjang hayat. Madrasah Ibtidaiyah Darul Hidayah didirikan untuk berupaya menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berkualitas dan mampu memenuhi harapan tersebut.

Tujuan :
Sebagai santri muslim yang memiliki;
o Aqidah yang benar
o Akhlak yang mulia
o Akal yang cerdas
o Amal yang sholeh

Target
Hafal dan terbiasa dengan do’a dan praktek ibadah sehari-hari
Menguasai pelajaran sesuai KBK
Menguasai kosa kata sederhana dan percakapan dalam bahasa arab dan inggris

3. MADRASAH TSANAWIYYAH (MTs) DAN MADRASAH ALIYYAH (MA) PLUS

Usia SMP dan SMA merupakan usia akil baligh, dimana anak sedang berusaha mencari jati diri mereka dan kondisi mentalnya sangat labil. Pada usia ini sangat rentan terhadap pengaruh lingkungannya. Untuk itulah diperlukan sekali pendidikan yang berbasiskan keagamaan yang mampu mengarahkan potensi mereka kepada hal-hal yang baik dan bermanfaat serta membekali mereka dengan ilmu yang bermanfaat agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang membahayakan dien (agama) dan dunia mereka.

Madrasah Tsanawiyyah(MTs) dan Madrasah Aliyyah (MA) plus Darul Hidayah ingin mendidik santri/ ah memiliki aqidah yang benar, akhlak yang mulia, akal yang cerdas, amal sholeh ( IMTAQ ), sehat jasmani dan rohani serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi ( IPTEK ), siap mengantisipasi dan berkompetisi di era global.

Sebagai salahsatu pendidikan formal di pesantren Darul Hidayah, didirikan oleh Yayasan Pengembangan Pembangunan Pendidikan Pesantren Darul Hidayah (YP4DH), pada tahun 1990/ 1991 dan diresmikan berdasarkan SK Kanwil Depag Propinsi Jawa Barat No. Wi/HK/008/03/1994, yang mana diharapkan dengan berdirinya MTs dan MA plus ini akan memberikan nilai tambah bagi para santri yang yang ingin melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi atau masyarakat, dengan tujuan :
Memiliki sikap dasar sebagai seorang muslim dan berakhlaqul karimah
Memiliki keilmuan, pengetahuan dan pengamalan ibadah
Mampu mengembangkan potensi diri yang akan bermanfaat bagi diri dan masyarakat.
Materi Pelajaran:

a) Materi Agama
· Al-Quran
· Aqidah Akhlaq
· Fiqih
· Sejarah Islam
· Bahasa Arab
· Ibadah Amaliah

b) Materi Umum
· PPKN
· Bahasa Indonesia
· Sains
· Matematika
· Penjas
· Bahasa Inggris

4. KEPESANTRENAN

Adalah kegiatan inti para santri yang menimba ilmu di Pesantren Darul Hidayah di luar kegiatan pendidikan formal untuk menerapkan nilai pengetahuan, mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang bersifat amaliah, memperluas wawasan dan kemampuan keagamaan yang telah dipelajari dari berbagai materi yang telah diberikan.

Kegiatan kepesantrenan terfokus pada pengajian yang bermetodekan “salafiah” yang meliputi kegiatan belajar mengajar menggunakan “kitab Kuning”, penanaman doktrin, kegiatan diniyah dan kegiatan ubudiyah. Kegiatan kepesantrenan diimplementasikan dengan membuka pengajian malam untuk khusus para santri mukim dan umum, pengajian TPA/ TKA .

Kegiatan pengajian kitab kuning merupakan kurikulum inti pengajian malam, dengan cara “sorogan”, langsung di ajarkan para ustadz dengan pemahaman yang mendalam dan bahstul masa-il. Dimulai dari sore hari ba’da ashar sampai jam 10 malam, ditambah dengan pengajian ba’da subuh.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan para santri dalam bidang agama islam dengan mempergunakan teks kitab-kitab klasik.
Pemahaman kitab kuning meliputi :
Pemahaman penguasaan baca dan hapalan kitab kuning, bagi santri awaliyah
Pemahaman penguasaan ilmu-ilmu grametika bahasa arab (nahwu, shorof), bagi santri awaliyah tingkat lanjutan.
Pemahaman penguasaan fiqh, ushul fiqh awal dan grametika bahasa arab lanjutan (balaghoh, ma’ani , bayan dan badi’) bagi santri tingkat wustho.
Pemahaman penguasaan ushul fiqh tingkat lanjut ( jam’ul jawami’), tafsir mu’tabaroh dan hadits-hadits, bagi santri tingkat takhosus.
 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top